Rabu, 29 Maret 2017

FLOWCHART KIPAS ANGIN OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR PIR PADA GUDANG BERUKURAN 3X3 METER



Penjelasan :

1.      Bagian pertama adalah terminal symbol, berfungsi untuk memulai aliran proses pada flowchart kipas angin otomatis menggunakan sensor PIR.

2.      Pada bagian input symbol, menggunakan pancaran sinar inframerah passive yang di pancarkan oleh tubuh manusia. karena Sensor PIR ini bekerja dengan menangkap pancaran sinar inframerah pasif yang dimiliki setiap benda dengan suhu benda diatas nol mutlak. Seperti tubuh manusia yang memiliki suhu tubuh kira-kira 32 derajat celcius, yang merupakan suhu panas yang khas yang terdapat pada lingkungan. Pancaran sinar inframerah inilah yang kemudian ditangkap oleh sensor PIR.

3.      Di bagian decision, ada dua kemungkinan, 1. sensor PIR mendeteksi manusia di dalam gudang. 2. Sensor PIR tidak mendeteksi manusia di alam gudang. Kemudian dari dua kemungkina tersebut, dilanjutkan ke bagian proses. sensor PIR disni hanya bereaksi pada tubuh manusia saja, Hal ini disebabkan karena adanya IR Filter yang menyaring panjang gelombang sinar inframerah pasif. IR Filter dimodul sensor PIR ini mampu menyaring panjang gelombang sinar inframerah pasif antara 8 sampai 14 mikrometer, sehingga panjang gelombang yang dihasilkan dari tubuh manusia yang berkisar antara 9 sampai 10 mikrometer ini saja yang dapat dideteksi oleh sensor.

4.      Pada bagian proses, ada 2 kondisi. Yaitu kondisi kipas angin ON/bekerja, dan kondisi kipas angin OFF/berhenti bekerja. kipas angin akan ON/Bekerja, bila sensor PIR mendeteksi manusia di dalam gudang. Dan kipas angin akan off/berhenti bekerja bila sensor PIR tidak mendeteksi manusia di dalam gudang.

5.      Pada bagian akhir adalah terminal symbol, berfungsi untuk mengakhiri aliran proses flowchart kipas angin otomatis menggunakan sensor PIR.

      Refensi :  cara kerja sensor PIR

0 komentar: