Rabu, 14 Januari 2015

Tugas 2. Pemuda dan Sosialisasi

PEMUDA DAN SOSIALISASI



pengertian pemuda

Pemuda adalah golongan manusia-manusia muda yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan kearah yang lebih baik, agar dapat melanjutkan dan mengisi pembangunan yang kini telah berlangsung.

Pengertian sosialisasi

Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.

·      Permasalahan generasi muda Berbagai permasalahan generasi muda yang muncul pada saat ini antara lain

a)   Menurunnya jiwa idealisme, patriotisme dan nasionalisme.
b)  Kekurangpastian yang di alami oleh generasi muda terhadap masa depannya.
c) Belum seimbangnya antara jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, sehingga banyak terjadinya putus sekolah dengan banyak sebab.
d)   Kurangnya lapangan kerja atau kesempatan kerja
e) Kurangnya gizi yang dapat menyebabkan hambatan bagi perkembangan kecerdasandan pertumbuhan dan di kalangan generasi muda.
f)     Masih banyaknya perkawinandi bawah umur.
g)    Pergaulan bebas yang membahayakan sendi-sendi kehidupan keluarga.
h)    Meningkatnya kenakalan remaja, termasuk penyalahgunaan narkotika.
i)     Belum adanya peraturan perundangan yang menyangkut generasi muda.


Berikut adalah contoh kasus pemuda dan sosialisasi.



REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebanyak 18 remaja tertangkap tangan oleh petugas Polres Bogor Kota, Jawa Barat, saat melakukan pesta narkoba di salah satu rumah di wilayah tersebut.

"Dari 18 remaja yang kita amankan, 13 orang kita lakukan penahanan karena dari hasil tes urine positif, sisanya negatif," kata Kapolres Bogor AKBP Baktiar Ujang Purnama, dalam ekspose di Mapolres Bogor Kota, Jumat (31/5).

Kapolres menuturkan, dari 13 tersangka yang ditahan, dua di antaranya perempuan dan satu orang lainnya diketahui masih berstatus pelajar di salah satu SMP di Kota Bogor. Dijelaskannya, penangkapan para pemakai dan pengedar narkoba tersebut berlangsung di sejumlah lokasi yang berbeda.

Dalam penangkapan itu, petugas juga menemukan barang bukti ganja dan sabu dengan jumlah kecil karena sudah digunakan dalam pesta narkoba tersebut. "Kami masih melakukan pengembangan untuk menyelediki asal barang-barang ini diperoleh," ucap Kapolres.

Adapun para tersangka untuk pesta narkoba sabu berjumlah enam orang, yakni WA (23 tahun), RCA (24), JR (33), JI (43) dan dua remaja perempuan HA (18), dan SN (28). Sementara itu, tersangka pesta narkoba ganja yang berjumlah 12 orang, AI (18), SN (27), IF (17), NI (25), RG (16), AN (20), SN (20), IDA (15), AN (16), EDK (18), RA (16), dan YL (15). Dari 12 orang tersebut, lima dibebaskan karena hasil tes urine negatif.

Kapolres menyebutkan, para remaja yang diamankan tersebut mengkonsumsi narkoba secara bersama-sama di sebuah rumah kontrakan di wilayah Cilendek, Kecamatan Bogor Barat. Sedangkan pesta ganja berlangsung di rumah Kampung Situ Pere, Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanah Sareal.


Sumber berita:


Peneyebab pemuda menggunakan narakoba

1. Mencari pengalaman yang menyenangkan

Di masa remaja, orang - orang cenderung memiliki rasa ingin tahu yang besar karena dimasa itu hormon sangat berkembang dengan cepat. Selain itu rasa ingin bersenang - senang dengan hal yang baru pun menimbulkan seorang remaja memakai narkoba karena dia ingin mengetahui bagaimana rasanya memakai narkoba.

2. Mengatasi stress

Beberapa kalangan remaja yang terkana tekannan baik dari sekolah, rumah, pacar, teman atau hal - hal lainya melampiasakannya melalui narkoba untuk menghilangakn stress. Sesungguhnya hal yang mereka lakukan merupakan hal yang salah. Karena hal itu tidaklah menyelesaikan masalah namun hanya menimbulkan masalah baru. Maka keterbukaanla yang sangat berperan besar untuk menghindari hal ini terjadi.

3. Menanggapi pengaruh sosial

Terkadang seorang remaja memakai narkoba dengan alasan agar dihargai oleh teman - temannya agar tidak di sebut pengecut, penakut, pecundan, dan lain - lainnya.

           

Solusi

1.    Mempelajari masalah narkoba
2.  memberikan sosialisasi terhadap anak sejak dini, tentang bahayanya narkoba bila dikonsumsi. Tentunya dengan peran orang tua.
3.    Melarang anak menggunakan narkoba
4.    Mencegah pengaruh negatif berita kriminal
5.    Menerapkan pola hidup sehat dalam keluarga


Kesimpulan :

pemuda adalah aset bangsa, dimana pemudalah yang akan membawa kemana arah bangsa ini. pemuda yang mampu mengendalikan diri dan mampu menyeleksi sesuatu yang baik dan buruk, kelak akan menjadi generasi yang gemilang. dan semua itu tercipta tidak lepas dari peran orang tua dalam memberikan sentuhan awal.

Sumber :

0 komentar: