Senin, 27 November 2017

AMD APU A10-7890K




A.              Sejarah Singkat Prosesor AMD
AMD (Advanced Micro Devices) berdiri tanggal 1 Mei 1969. AMD didirikan oleh Jerry Sanders dan tujuh kawannya. Pada awalnya AMD adalah perusahaan Chip Logika, kemudian pada tahun 1975 memulai bisnis RAM. Pada tahun yang sama, AMD mengembangkan tiruan dari Intel 8080. Selama waktu itu, AMD juga mendesain dan memroduksi seri-seri dari unsur-unsur bagian prosesor(Am2900, Am29116, Am293xx) yang sering dipakai dalam minicomputer.
Meskipun kiprahnya dalam dunia mobile processor masih dapat dibilang baru dibandingkan Intel, sepak terjang AMD memiliki beberapa cerita unik yang patut dituturkan.
Berawal di tahun 1999 dengan hadirnya prosesor Athlon, AMD berhasil merebut perhatian peminat dan pengguna IT dunia karena berhasil mengalahkan kinerja prosesor tawaran Intel. Padahal dulu prosesor Intel merupakan prosesor kelas konsumen dengan kinerja tertinggi.
Prosesor Athlon merupakan sebuah prosesor yang dibuat ulang tanpa menggunakan teknologi dari generasi pendahulunya, yaitu K6. Secara teknis, AMD meningkatkan Floating Point Unit (FPU) pada prosesor ini secara signifikan dan menyertakan L1 Cache sebesar 128 KB (64 + 64 KB). Tidak berhenti pada penyertaan L1 Cache saja, pada awalnya prosesor Athlon memiliki subset Cache eksternal sebesar 512 KB yang diletakkan di sisi prosesor utama pada model Slot-A. Namun sayangnya, Cache tersebut tidak berjalan pada kecepatan penuh. Harga memori RAM yang tinggi menyebabkan Cache eksternal prosesor tersebut hanya dapat berjalan maksimum hingga 1/3 kecepatan inti prosesor.
Tak puas dengan seri awal Athlon-nya, pada tahun berikutnya, AMD meluncurkan adik dari Athlon model Slot-A. Athlon versi kedua ini diberi code name Thunderbird, yang menggunakan format bentuk Pin Grid Array (PGA). Salah satu perubahan pada Thunderbird ini, adalah bentuknya yang lebuh ramping. Dimensinya berkurang 80% dari ukuran awalnya, dan lebih tipis.
Perubahan lain dari pendahulunya, Thunderbird menggunakan Cache internal sebesar 256KB, atau setengah dari pendahulunya yang menggunakan cache internal 512KB. Walaupun Cache internal yang digunakan Thunderbird hanya setengah dari jumlah Cache yang digunakan model Slot-A, pada faktanya Cache Thunderbid lebih bekerja secara optimal dan lebih cepat dari pendahulunya.
Mulai dari titik inilah, Dunia mulai melirik pada AMD Athlon. Permintaan akan prosesor AMD pun membumbung tinggi karena pengguna IT menghendaki sebuah prosesor dengan kinerja tertinggi. Akhirnya, pada awal tahun 2000, produsen motherboard kelas dunia mulai menaruh perhatian pada prosesor tawaran AMD dan menciptakan jajaran motherboard yang diperuntukkan bagi prosesor seri Athlon. Seiring dengan perkembangan zaman, AMD terus menghadirkan berbagai macam prosesor dengan keunggulannya. Salah satunya adalah AMD APU A10-7890K.

           B.                AMD APU A10-7890K
Prosessor AMD A10–7890K merupakan APU dari keluarga “Godavari” yang telah hadir dengan 12 Compute Cores terdiri atas 4 core CPU dengan Core Clock up to 4.3 Ghz didukung dengan grafis terintegrasi yang terdiri atas 8 core GPU dengan Clock up to 866 Mhz. Dengan menghasilkan performa komputasi up to  1.02 TFlops AMD APU A10-7890K mampu hadir sebagai APU terkencang saat ini untuk segmen PC Desktop. Namun walau memiliki kecepatan tinggi, APU ini termasuk hemat daya dengan TDP 95W. Tak hanya itu, AMD APU ini juga masih memberi ruang untuk melakukan overclock. Berikut ini salah satu slide presentasi yang datang untuk menjelaskan APU baru tersebut :

 
Dengan spesifikasi yang tertinggi sejauh ini dalam segmen AMD APU, membuat prosessor AMD APU A10–7890K mampu menghasilkan performa mumpuni untuk menjalankan game online terkenal seperti League of Legend, DOTA2 maupun Counter Strike : GO di atas 50 FPS1 di pengaturan High resolusi Full HD 1080p tanpa memerlukan bantuan grafis tambahan. Tentunya merupakan pilihan yang sangat tepat untuk gamers yang menginginkan performa tinggi dengan budget terjangkau. Tak hanya itu desainnya yang ringkas tanpa memerlukan grafis tambahan tentu membuatnya bisa di tempatkan pada case mini ITX yang menghemat ruang. Dan berikut adalah perbandingan AMD APU A10-7890K dengan prosesor pendahulunya.


Dari perbandingan tersebut AMD APU A10-7890K lebih Kencang dari Godavari A10-7870K A10-7870K yang diluncurkan di ajang Computex 2015 tahun lalu memiliki kecepatan 4.1Ghz di setting Turbo Core maksimalnya( saat 1-core load), dan ini membuat A10-7890K memiliki kecepatan Turbo Core maksimal 200Mhz lebih kencang. Sayangnya, AMD tidak menyebutkan berapa clockspeed A10-7890K saat menjalani 4-core load. AMD pun tidak menyebutkan kecepatan Integrated GPU dari A10-7890K.
Adapun kelebihan lain dari AMD APU A10-7890K adalah Overclockability Lebih Baik. Nilai 4.3Ghz yang dipilih oleh AMD juga lumayan menarik perhatian kami. Berdasarkan berbagai pengujian overclocking yang kami lakukan pada A10-7850K ‘Kaveri’ dan A10-7870K ‘Godavari’, nilai 4.3 – 4.4Ghz adalah nilai batas atas yang umum digunakan overclocker untuk penggunaan harian, dan ada beberapa yang bisa menyentuh angka 4.5 Ghz atau lebih jika bersedia memberi sedikit voltase ekstra. Dengan clock normal yang lebih kencang, tentunya untuk mencapai clock 4,5 GHz bukanlah hal yang sulit.
Selain itu, AMD APU A10-7890K juga sudah di lengkapi pendingin bawaan terbaru dengan teknologi canggih dari AMD yakni “Wraith Cooler” yang sebelumnya hanya hadir bersama bundling prosessor high-end FX-8370 saja. Pendingin powerful ini memiliki kelebihan diantaranya:

1. Near-Silent Operation: Wraith Cooler terbukti jauh lebih hening dibandingkan dengan pendingin bawaan yang diusung prosessor AMD sebelumnya. Hal ini terbukti dengan pengujian tingkat kebisingan yang membuktikan Wraith Cooler hanya menghasilkan angka 39 dB, yang bahkan lebih rendah dari suara rintik hujan di pagi hari! Hal ini tentunya mampu meningkatkan konsentrasi saat bekerja menggunakan PC bertenaga AMD APU A10-7890K tanpa perlu terganggu suara kipas yang bising.
2.   Supernatural Style: Wraith Cooler hadir dengan desain modern disertai lampu LED cahaya biru yang mampu memberikan kesan mewah pada PC.
3   Upgraded & Augmented: Dengan ukuran area kipas 24% lebih luas dibanding pendingin bawaan pada prosessor AMD sebelumnya, Wraith Cooler mampu menghasilkan 34% sirkulasi udara yang lebih baik namun lebih hening dibandingkan sebelumnya dimana hanya menghasilkan noise kurang dari 1/10 pendingin bawaan terdahulu.

SUMBER

0 komentar: